Thursday 26 November 2015

Komputer atau laptop lelet / slow ? - Solved !!

Komputer lelet terkadang bikin pusing. Penyebabnya bisa hard disk rusak, kebanyakan program atau virus lagi melanda. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan :

1. Kalau lelet terus ada tulisannya internal hard disk rusak - ga usah pusing dan buang waktu langsung ke toko komputer beli hard disk baru (disesuaikan dengan model laptop). Cara pasangnya gampang mending dipasang sendiri model obeng kembang ukuran kecil. Ambil yang lama ganti yang baru ----> teknisnya lihat di youtube
2. Kalau lelet saja tanpa embel-embel hard disk rusak, lakukanlaah hal berikut ini:
a. Hapus program2 yang jarang dipakai karena beraat-beratin aja. Klik start, control panel, uninstall program. Kalau programnya tidak bisa dihapus itu biasanya virus. Untuk menghapusnya bisa pakai :
1) Interlocker. Software gratis ------> cari di google
2) Kalau tidak mempan pakai revo uninstaller. Software gratis ----> cari di google
Terus download cc cleaner atau clean master untuk buang file sampah yang numpuk dan bikin lelet. Software gratis ----> Cari di google
b. Kalau masih lelet itu biasanya virus sedang bersemayam. Lakukan cara sebagai berikut:
1) Scan pakai anti virus. Kalau bisa buatan luar yang teruji benar. Sebab pengalaman pernah pakai SMADAV malah komputer dibantai virus habis-habisan tampilannya jadi ga keru-keruan terus hang/freeze/mouse tidak bisa jalan, dll.  Gilanya lagi pas mau install anti virus baru gagal jutaan kali ternyata gara-gara si SMADAV ini. Pakai SMADAV dilayar tertulis -komputer no virus-, kenyataannya ancurrr..... Makanya uninstall dulu smadav/anti virus yang sudah ada KO, baru anti virus baru bisa diinstall. Dulu di Indo saya pakai SMADAV tidak ada masalah dan bisa berjalan beriringan dengan anti virus lain, tapi sekarang SMADAV sudah berubah dan tidak semanis dulu. Bukan virus yang diserang malah anti virus lain yang dihajar. Saran sebaiknya pakai anti virus satu saja. Pilihan terserah anda. Saya sih pakai sophos karena download dan update free dari University. Anti virus yang bagus itu yang selalu diupdate atau langganan. Kalau keadaan darurat pakai yang trial 30 hari. Jalankan anti virusnya.
2. Kalau virusnya merajalela dan kayak orang jualan / iklan, segera lakukan hal berikut :
a. Download adwcleaner. Jalankan. Download gratis -----> cari di google
b. Download malwarebytes. Jalankan. Download gratis -----> cari di google
3. Kalau virusnya dah ngerusak system terus layar kita jadi biru (blue screen of death). Solusinya:
a. Masuk ke BIOS (tekan power terus tekan F2/F8 sampai masuk bios. Klik system restore.
b. Scan pakai anti virus sampai detail.
c. Update pakai microsoft - nyalain kontrol panel terus klik update install (pilih yang recoomended). Update yang kadang mengganggu ini ternyata ada manfaatnnya karena dia membantu mendeteksi kalau ada file system kita yang missing atau error karena habis diacak-acak virus. Apalagi virus berbahasa asing kayak cina yang bikin pusing karena kita gak tahu bahasanya. Makanya sering dicek kalau ada program nyerobot masuk karena kita habis install program baru dari internet (third party).
4. Jangan lupa defrag komputer rutin. Klik tombol start, search defrag ----> jalankan.


Semoga komputer selamat dari warna biru, jalannya cepat seperti angin, dan tidak ada iklan2 yang mengganggu.


Terima kasih.

No comments: