Friday 1 May 2015

Asal Mula Sate

Sate merupakan makanan favorit orang Indonesia. Sate adalah makanan yang terbuat dari potongan daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuki dengan tusukan sate yang biasanya dibuat dari lidi tulang daun kelapa atuau bambu, kemudian dibakar menggunakan bara arang kayu, sate kemudian disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi dll. Namun ada juga sate Padang yang terbuat dari rempah-rempah asli Minang. Rasa dan wanginya tentu menjadi andalan sob.

Sate menjadi makanan yang sangat populer di Indonesia, dengan berbagai suku bangsa dan tradisi seni memasak telah menghasilkan berbagai jenis sate. Resep dan cara pembuatan sate beraneka ragam bergantung variasi dan resep masing-masing daerah. Hampir segala jenis daging dapat dibuat sate. Sebagai negara asal mula sate,
Indonesia memiliki variasi resep sate tersebut, jenis dagingnya, bahannya, atau proses pembuatannya seperti: sate Madura, Sate Padang, Sate Ponorogo, Sate Tegal, Blora, Banjar, Makasar, Maranggi.

Sate atau satai diduga berasal dari bahasa Tamil. sate diciptakan pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke 19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal ke 19 bersamaan dengan semakin banyak nya pendatang dari Arab dan pendatang muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia, hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai warga keturunan Arab.

Dari Jawa, sate menyebar ke seluruh kepulauan nusantara yang menghasilkan beraneka ragam variasi sate 
dan pada akhir ke 19 sate menyeberangi Selat Malaka menuju Malaysia, Singapura dan Thailand dibawa oleh perantau Jawa dan Madura yang mulai berdagang sate di negeri jiran tersebut. Pada abad ke 19 istilah sate di negeri jiran tersebut berpindah bersamaan dengan perpindahan pendatang melayu dari Hindia Belanda menuju Afrika Selatan, disana sate dikenal sebagai sosatie. Orang juga membawa hidangan ini dan banyak hidangan khas Indonesia lainnya ke negara Belanda.


Sumber: http://postingkeren.blogspot.com.au/2013/04/asal-mula-makanan-sate.html

No comments: